Sejarah Desa Ngumbulsari Sebelum Bersatu Menjadi Desa Tamanan Seperti Sekarang

31 Agustus 2018 09:59:47 WIB

Sejarah Desa Ngumbulsari Gondowulung – Krobokan, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Sejarah desa Ngumbulsari tidak bisa dilepaskan dari peran Murmo Diryo Lurah Desa Ngumbulsari. Desa Ngumbulsari wilayahnya meliputi Desa Tamanan sebelah tengah.
 
Dahulu terdapat beberapa nama daerah yang merupakan bagian dari Desa Ngumbulsari seperti Segaran Lor yang seperti danau karena dahulu terdapat sumber mata air yang terus mengalir. Di selatan Segaran Lor terdapat sebuah daerah yang diberi nama Jagalan, konon daerah tersebut digunakan untuk menyembelih hewan ternak. Di selatan Desa Ngumbulsari terdapat persawahan yang diberi nama Sekecu, karena di daerah tersebut terdapat Kuburan Kecu.
 
Pada sekitar Tahun 1946, Desa Ngumbulsari digabung dengan Desa Bantengan dan Desa Rejokusuman membentuk daerah baru dengan nama Desa Tamanan, Gondowulung. Berdasarkan PERATURAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PERDA DIY) NOMOR 1 TAHUN 1958 (1/1958) Tentang: Perubahan Batas Dan Nama Kapanewon-Kapanewon Imogiri, Gondowulung Dan Kotagede Dalam Kabupaten Bantul maka Desa Tamanan tidak lagi termasuk Gondowulung tetapi termasuk Kecamatan Banguntapan. Silakan baca juga: Murmo Diryo Lurah Desa Ngumbulsari. sumber ini penulis dapatkan dari cerita leluhur. (Adhitya Nugraha Novianta)
 
 
Suumber :: https://adhityanugrahanovianta.blogspot.com/2018/07/sejarah-desa-ngumbulsari-gondowulung.html

Komentar atas Sejarah Desa Ngumbulsari Sebelum Bersatu Menjadi Desa Tamanan Seperti Sekarang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Produk Unggulan Desa

Lagu Bagimu Negeri

Pengumuman

...Ketikkan Pengumuman disini....

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License