KARANG TARUNA SE-KECAMATAN STUDY BANDING KE KARANG TARUNA DESA ARGOMULYO

26 November 2018 10:34:37 WIB

Minggu, 25 November 2018 Karang Taruna Kecamatan Banguntapan yang dipimpin oleh sdr. Surahman melakukan study banding ke karng taruna Taruna Yodha Desa Argomulyo Sedayu Bantul. Dalam kunjungannya karang Taruna camatan banguntapan di dampingi oleh Kasi Kemasyarakatn Kecamatan Banguntapan bpk. Sigit Purwanto,SH

Taruna Yodha merupakan karang taruna desa Argomulyo dan merupakan karang taruna berprestasi tahun 2017. Taruna Yodha menjadi juara I karang taruna berprestasi tingkat DIY dan juara II karang taruna berprestasi tingkat nasional. Menurut ketua Taruna Yodha sdr. Tugiyanto untuk menjadi karang taruna yang baik itu harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap organisasi komitmen bersama untuk memajukan karang taruna.

Dalam kunjungannya, karang taruna kecamatan berdiskusi dan ngangsu kawruh (tukar pikiran) tentang pengembangan potensi karang taruna serta pengembangan unit kerja setiap bidang yang ada di karang taruna. Setelah berdiskusi kurang lebih 2 jam dalam kunjungan tersebut dilanjutkan dengan berkunjung ke sekretariat karang taruna yang berada di kompleks balai desa Argomulyo. Di sekretariat tersebut dapat di jumpai tentang pengarsipan dokumen serta tata kelola orgnisasi, kemudian di lanjutkan ke bidang Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang kegiatannya membuka angkringan yang berbasis ITE dengan sasaran pelajar dan anak muda di sekitar Argomulyo. Kunjungan diakhiri dengan cave tubing bersama yng merupakan salah satu andalan program andalan dari Taruna Yodha dalam pengembangan desa wisata.

Setelah cave tubing sepanjang 1.4 kilometer, karang taruna melakukan diskusi internal dengan karang taruna desa se-kecamatan Banguntapan dengan harapan dari kegiatan tersebut adalah agar karang taruna se-kecamatan Banguntapan saling mengenal dan saling membaur sehingga karang taruna kecamatan semakin kompak, selain itu juga untuk menjalin komunikasi antar karang taruna se-kecamatan banguntapan.

Setelah kunjungan tersebut Karang Taruna Mekar Jala Arga menyimpulkan bahwa untuk menjadikan karang taruna yang maju, harus ada sinergitas antar steak holder di lingkungan pemerintah desa (PEMDES, BPD,LPMD,PKK) sehingga mudah dalam memetakan potensi keunggulan di desa. Menurut ketua karang taruna Mekar Jala Arga hal yang pertama dibenahi adalah tata kelola organisasu jika tata kelola organisasi sudah benar dan anggota sudah kompak maka mudah untuk mengembangkan kegiatan guna memajukan desa Tamanan. Jadikan pemuda sebagai pelopor perubahan di Desa, dari Desa pemuda membangun Desa.

Komentar atas KARANG TARUNA SE-KECAMATAN STUDY BANDING KE KARANG TARUNA DESA ARGOMULYO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Produk Unggulan Desa

Lagu Bagimu Negeri

Pengumuman

...Ketikkan Pengumuman disini....

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License