Penurunan Prosentase ABJ di Dusun Nglebeng Pada PSN Hari Ini

Administrator 16 Maret 2018 12:33:55 WIB

Kegiatan rutin hari Jumat yang dilakukan ibu-ibu kader adalah keliling di pedukuhan-pedukuhan untuk mensurvei kebersihan rumah dan lingkungan. Sama halnya pada Jumat ini (16/03/2018) PSN atau pemberantas sarang nyamuk dijadwalkan di Dusun Nglebeng. Didampingi Kasi Pelayanan  Desa Tamanan, wakil dari puskesmas, wakil dari kecamatan Banguntapan dan Bhabinsa serta Bhabinkamtibmas Desa Tamanan menggertas Dusun Nglebeng.

Dari jam 07.30 bertempat di rumah ibu dukuh para kader ini berkumpul. Dilanjutkan mengelilingi Dusun Nglebeng untuk mensidak tempat atau lokasi yang dianggap sebagai sarang nyamuk. Dari 7 RT yang ada di Dusun Nglebeng hanya RT 5 yang tidak disidak karena merupakan asrama brimob. Dari setiap RT diambil 15 sample rumah yang disidak kamar mandi dan tempat penampungan air serta lingkungannya yang berpotensi besar sebagai sarang nyamuk. 

Menurut Staf Kasi Pelayanan Desa Tamanan Hika Raya Tunggal, ABJ (angka bebas jentik) Dusun Nglebeng pada sidak PSN kali ini memperoleh nilai 93,42%. Angka ini dirasa turun 2,58% dari sidak yang terakhir kemarin dilakukan. AJB ini dikatakan turun karena banyak faktor diantaranya hujan yang beberapa hari lalu sempar mengguyur Bantul dan sekitarnya. Selain bertujuan untuk memberantas sarang nyamuk, PSN ini juga bertujuan agar angka terjangkit DBD juga menurun karena Dusun Nglebeng yang notabene berdampingan dengan sungai gajah wong merupakan sasaran empuk nyamuk untuk berkembang biak. Tetapi ini berbanding terbalik dengan kebersihan lingkungan yang ada di Dusun Nglebeng. Untuk kebersihan lingkungan, dusun Nglebeng mengalami peningkatan dari tahun kemarin tingkat kebersihannya.

Komentar atas Penurunan Prosentase ABJ di Dusun Nglebeng Pada PSN Hari Ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Produk Unggulan Desa

Lagu Bagimu Negeri

Pengumuman

...Ketikkan Pengumuman disini....

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License